Selasa, 05 Mei 2015

Tentang Chihuahua

Ditemukan oleh Eropa, Chihuahua dianggap berasal dari negara bagian Meksiko. Beberapa orang percaya bahwa Chihuahua itu digemukkan dan digunakan untuk makanan. Masyarakat Meksiko juga meyakini bahwa Chihuahua akan memandu jiwa-jiwa orang mati ke kehidupan kekal.

Awalnya hanya ada 1 varietas Chihuahua yaitu "smooth coated" dengan telinga yang sangat besar dan berdiri, yang sempurna untuk iklim kering dan sangat panas seperti kondisi yang sering dialami di Meksiko. Lalu kemudian Chihuahua kawin campur dengan Papillion dan Pomeranians sehingga menghasilkan lebih banyak spesimen. Ada 2 varietas Chihuahua yang diakui oleh AKC (American Kennel Club) yaitu "Long coated Chihuahua" dan "Smooth coated Chihuahua" dengan berat badan yang tidak boleh lebih dari 6 pound (sekitar 2,72kg).



Karakter
Chihuahua merupakan anjing yang berkarakter periang, setia, penyayang dan serba ingin tahu. Tetapi karena termasuk anjing terkecil, Chihuahua bisa menjadi sangat protektif terhadap pemiliknya. Dia akan memperingatkan mereka secara vokal ketika ada orang asing mendekati .

Chihuahua adalah sahabat ideal dan hewan peliharaan rumah bagi orang-orang dari segala usia terutama dengan anak-anak dikarenakan chihuahua sangat cocok sebagai teman bermain.


Kesehatan


Perhatian secara teratur harus diberikan untuk kesehatan gigi dan kuku harus dipotong secara teratur. Telinga juga harus diperiksa secara teratur untuk memastikan bahwa mereka bersih. Masalah kesehatan yang sering terjadi adalah dislokasi tempurung lutut. Penyakit yang kurang umum adalah jantung, masalah mata dan pernafasan.



Masa Hidup


Lebih dari 15 tahun



Membeli Chihuahua

Mayoritas anak anjing sudah siap untuk diadopsi ke rumah baru antara 6 dan 8 minggu . Namun lebih baik jika Chihuahua diadopsi sampai setidaknya berumur 12 minggu . Banyak klub breeder di UK membuat persyaratan ini sebagai bagian dari peraturan keanggotaan mereka .



Perawatan


Cara merawatnya adalah dengan memberikan pakan terbaik. Karena perutnya kecil, anjing ini hanya makan sedikit saja. Oleh karena itu anjing ini tidak bisa melakukan aktifitas berlebih. 
Untuk menjaga rambutnya tetap indah, sisirlah rambutnya setiap hari dengan bristle brush. Dengan penyisiran akan merangsang kulit anjing mengeluarkan minyak, sehingga rambutnya terlihat indah dan berkilau. Musti diperhatikan bahwa anjing ini rentan terhadap benturan. Maka jangan biarkan anjing ini keluar sendirian di luar rumah. Karena anjing dan hewan lain dapat menjadi ancaman keselamatannya

Saat proses persalinannya, anjing ini mutlak harus menjalani operasi caesar. Anakan anjing Chihuahua ini bisa mencapai lebih dari delapan ekor. Agar anakannya bagus, induk tidak boleh mengasuh anak anjing lebih dari enam ekor.
 


Apa yang dimaksud dengan Tea Cup Chihuahua?

Standar yang diakui oleh AKC (American Kennel Club) adalah dalam dua varietas yaitu Long Coat atau Smooth Coat. Standar AKC tidak mengkategorikan Chihuahua dari ukurannya, tetapi hanya dari jenis bulunya.

Seperti semua makhluk hidup akan ada varian ukuran termasuk anjing jenis ini . Lihatlah manusia, saudara-saudara akan berbeda dalam tinggi dan berat badannya .

Kata-kata tambahan kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan perbedaan ukuran & penampilan fisik di Chihuahua banyak seperti :


Tea - Cup , Pocket Size , Toy kecil , Miniatur atau Standar .


Ini hanya beberapa dari banyak nama yang telah melekat pada trah ini selama bertahun-tahun . Nama-nama ini hanya digunakan untuk menarik calon pembeli agar mereka berpikir bahwa anak anjing ini adalah "langka" sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi.

Ketika anjing lahir, kadang-kadang, mungkin ada anak anjing yang tidak tumbuh seperti yang lain dan lebih kecil dari yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar